DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BLORA

C A R I

Membaca cara bijak meraih cita-cita

Membaca cara bijak meraih cita-cita



      Terdapat ratusan anak langsung bergerumung dihalaman sekolah, sesaat mobil pusling DPK Kab Blora diparkir. Mereka nampak penasaran, apa saja yang disimpan didalam mobil berslogan Membaca cara Pintar menjadi pintar. Beberapa saat terdengar arahan dari Kepala Sekolah dan Kasi Layanan DPK. "Hari ini adalah hari bahagia, kalian semua nanti akan mendapatkan kesempatan belajar berbagai ilmu pengetahuan baru melalui buku", tutur Bu Sri Pertiwi, Spd Kepala Sekolah SDN 1 Klopoduwur. Namun sebelum itu, kalian ikuti dahulu anjuran petugas DPK, supaya kalian lebih tahu tentang pentingnya membaca dan perpustakaan, lanjutnya menegaskan sambil menunjuk Priyadi, kasi Layanan Perpustakaan DPK. Nanti kalian semua akan mendapatkan pinjaman buku, tapi harus dibaca lho ya... jangan dikotori, disobek, apa lagi dihilangkan; sebab setiap buku ini untuk semua warga blora, pungkas Priyadi menegaskan.



      Setelah pengarahan, 255 anak langsung berbaris berjajar, mengantri didepan mobil perpustakaan keliling untuk mendapatkan buku bacaan kesukaan mereka. Setelah mendapatkan buku yang menarik, mereka langsung masuk kelas dan membacanya. Salah seorang siswa Lia Widya mengatakan buku-bukunya bagus-bagus dan banyak yang berwarna jadi ndak membosankan kalau dibaca, juga sangat banyak judulnya. Buku seperti ini jarang saya jumpai; pokoknya menyenangkan, pungkasnya sambil bersama teman-temannya mencari buku dirak pusling.  Berbeda dengan Errawati, kelas 3 ”Kalau seminggu sekali ke sini ya Pak!! Pintanya, kami semua senang bisa bebas meminjam buku yang sepuasnya, dan sangat banyak” ujarnya.


Animo membaca pelajar besar


      SDN Klopoduwur 1 merupakan sekolah yang berada di perbatasan dengan Kecamatan banjarero, perbatasan dengan Desa Kamolan. Untuk menuju lokasi sekolah sangat mudah. Jalan yang berkelok serta naik turun menjadi kondisi yang harus dihadapi. Sementara itu dilokasi lainnya, binaan Pak Arif Chusaini, Kasi Pembinaan Perpustakaan DPK Blora. Kepala SDN 2 Gadu, Sambong.  Jumirah mengaku senang sekolahnya didatangi mobil Pusling. Dia berharap mobil Pusling bisa rutin datang ke sekolahnya sehingga meningkatkan minat baca siswa. ”Semoga bisa rutin ke sekolah, agar anak-anak semakin tumbuh minat membacanya,” kata anak kelas 6 saat menerima doorprise. DPK memang selalu berupaya untuk meningkatkan frekuensi layanan, khususnya perpustakaan keliling, oleh karena itu Insyallah tahun depan kegiatan ini akan semakin ditingkatkan jumlah&frekuensinya; pungkas mantan pegawai BKD Blora ini kepada redaksi. 

Perpustakaan Perlu progresif

      Dalalam kesempatan lainnya, Catur Pujo Susanto; Kabid Perpustakaan juga menuturkan bahwa dengan frekuensi kunjungan perpustakaan keliling akan bertambah, sebab adanya penambahan tersebut sekolah-sekolah yang berada di daerah pelosok akan lekas tersentuh dan mendapatkan layanan lebih sering lagi. Sebab semakin sering frekuensi kunjungan pusling, maka mereka akan lebih banyak membaca dan bertambah pengetahuan baru, tidak melulu pelajaran sekolah. PENULIS: Farid (PUSTAKAWAN)

Layanan Kearsipan

Statistik 2

Pengunjung
6
Artikel
35
Jumlah Tampilan Artikel
9684
gercek turk sikisleri
izmit escort