DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BLORA

C A R I

TUPOKSI PEMBINAAN ARSIP

 PERATURAN BUPATI BLORA

NOMOR 69 TAHUN 2016

TENTANG

KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI
SERTA TATA KERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BLORA

 BIDANG KEARSIPAN


Seksi Pembinaan Kearsipan
Pasal 21

Seksi Pembinaan Kearsipan mempunyai tugas:

 

a. menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Pembinaan Kearsipan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
b. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Pembinaan Kearsipan;
c. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
d. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
e. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Pembinaan Kearsipan sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
f. melaksanakan pembinaan kearsipan meliputi pemberian bimbingan teknis, penyuluhan/sosialisasi, pendidikan dan pelatihan teknis kearsipan;
g. melaksanakan penyusunan bahan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia kearsipan;
h. melaksanakan fasilitasi pengembangan sumberdaya manusia kearsipan;

i. melaksanakan penyusunan bahan kerjasama pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia kearsipan;
j. mengembangkan budaya masyarakat sadar arsip melalui media elektonik, media cetak dan tatap muka;
k. melaksanakan penyusunan bahan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan kearsipan;
l. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
m. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Pembinaan Kearsipan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
n. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Pembinaan Kearsipan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
o. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

tuposi LAYANAN ARSIP

 PERATURAN BUPATI BLORA

NOMOR 69 TAHUN 2016
TENTANG


KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI
SERTA TATA KERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BLORA

 BIDANG KEARSIPAN

Seksi Layanan Informasi Kearsipan

Pasal 20

Seksi Layanan Informasi Kearsipan mempunyai tugas:


a. menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Layanan Informasi Kearsipan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
b. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Layanan Informasi Kearsipan;
c. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
d. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
e. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Layanan Informasi Kearsipan sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
f. menyusun bahan kajian dan fasilitasi penyusunan pedoman dan supervisi layanan dan pelestarian;
g. melaksanakan penyusunan bahan pedoman preservasi arsip;
h. melaksanakan penyusunan bahan identifikasi dan analisis pemeliharaan, perawatan, pengawetan dan restorasi arsip, reprografi arsip;
i. melaksanakan penyusunan daftar arsip yang memerlukan perhatian khusus;
j. melaksanakan penyeleksian, penyusunan, penginterpretasian, pemberian akses intelektual, pendistribusian, pelestarian dan penjaminan keberadaan koleksi arsip ;
k. melaksanakan penyusunan bahan pedoman dan standar operasional prosedur layanan kearsipan;
l. melaksanakan layanan arsip dan layanan jasa teknis kearsipan;
m. melaksanakan penyusunan, peluncuran dan publikasi informasi arsip yang dapat diakses oleh masyarakat;
n. melaksanakan penghimpunan, penyusunan dan membukukan informasi hasil pengolahan data kearsipan yang dapat dipergunakan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat;
o. melaksanakan penyusunan identifikasi, analisis pengemasan informasi mutakhir, informasi terseleksi dan kerjasama layanan kearsipan digital;
p. melaksanakan penyajian, memberikan dan memutahirkan data dan informasi kearsipan melalui website;

q. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
r. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Layanan Informasi Kearsipan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
s. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Layanan Informasi Kearsipan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
t. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

PEDOMAN ARSIP

  1. Undang - Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan 2009 unduh
  2. Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik 2009 unduh
  3. Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik 2008 unduh
  4. Undang - Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik 2008 unduh
  5. Undang - Undang Nomor 8 Tahun 1997 Tentang Dokumen Perusahaan 1997 unduh
  6. Undang - Undang Nomor 7 Tahun 1971 Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan 1971 unduh

tuposi Akuisisi ARSIP

PERATURAN BUPATI BLORA
NOMOR 69 TAHUN 2016
TENTANG
KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI
SERTA TATA KERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BLORA

BIDANG KEARSIPAN

SEKSI AKUISISI DAN DEPOSIT KEARSIPAN

PASAL 19

Seksi Akuisisi Dan Deposit Kearsipan mempunyai tugas:

a. menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Akuisisi Dan Deposit Kearsipan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Akuisisi Dan Deposit Kearsipan;

c. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

e. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Akuisisi Dan Deposit Kearsipan sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;

f. melaksanakan pengumpulan bahan penilikan dan penilaian arsip;

g. melaksanakan survei dan pemetaan arsip yang akan diakuisisi;

h. melaksanakan negosiasi berkenaan dengan arsip, dan melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi akuisisi arsip;

i. melaksanakan akuisisi atau penarikan arsip, dan melaksanakan penelusuran arsip bernilai sejarah;

j. melaksanakan penyusunan daftar arsip yang telah diakuisisi;

k. melaksanakan penyusunan bahan sejarah lisan;

l. melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis pengelolaan arsip inaktif yang meliputi penataan, penyusunan daftar pertelaan arsip, indeks, ikhtisar, khasanah arsip, penyimpanan dan pencarian arsip, penilaian dan pemusnahan, dan pemutakhiran arsip dinamis inaktif;

m. melaksanakan penerimaan, menyeleksi, menilai dan mendeskripsi arsip yang diterima dari Perangkat Daerah;

n. melaksanakan penyimpanan, menata dan mengamankan arsipinaktif dan arsip vital;

o. melaksanakan penyusunan konsep jadwal retensi arsip;

p. melaksanakan penyusunan bahan kajian teknis penyusutan arsip;

q. melaksanakan penyusunan bahan pemberian dukungan teknis pengelolaan arsip inaktif yang meliputi penataan, penyusunan daftar pertelaan arsip, indeks, ikhtisar, khasanah arsip, penyimpanan dan pencarian arsip, penilaian dan pemusnahan, dan pemutakhiran arsip dinamis inaktif;

r. melaksanakan pengelolaan arsip dinamis Pemerintah Daerah;

s. melaksanakan pemberian rekomendasi pemusnahan arsip;

t. menyusun bahan kajian dan fasilitasi arsip statis;

u. melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis pengelolaan arsip statis yang meliputi pengolahan dan penataan arsip statis, penyusunan daftar arsip statis, inventaris arsip dan penerbitan naskah sumber;

v. melaksanakan penerimaan, penyimpanan, penataan dan pengamanan arsip statis;

w. melaksanakan inventarisasi arsip statis, teknis pengelolaan arsip statis yang meliputi pengolahan dan penataan arsip statis, penyusunan senarai dan inventaris, penyusunan dan penerbitan naskah sumber, penilaian, penyimpanan dan pencarian arsip;

x. melaksanakan penyusunan daftar arsip statis, inventaris arsip dan naskah sumber arsip;

y. melaksanakan penyusunan bahan pedoman pembangunan sistem informasi manajemen program aplikasi sistem kearsipan;

z. melaksanakan penyusunan rancang bangun infrastruktur jaringan otomasi kearsipan melalui intranet dan internet kearsipan;

aa. melaksanakan rancang bangun sistem informasi manajemen kearsipan dan aplikasi otomasi kearsipan;

bb. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;

cc. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Akuisisi Dan Deposit Kearsipan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;

dd. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Akuisisi Dan Deposit Kearsipan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan

ee. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

Perpustakaan DPK area belajar representatif Blora

Sekitar 25 orang anak dari TK BINTANG TIMUR mengunjungi Perpustakaan Umum Kab Blora. Instansi yang menyandang nama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora, dipimpin oleh Kadin drh. R. Gundala Wejasena, MP menyajikan layanan prima bagi para pemustaka Kab. Blora.


Sebelum diawali Bu Yoan dan Bu Tari, Guru TK mengajak anak2 binbingannya bermain2 dulu di halaman DPK. Rio anak didik TK A tampak senang sekali, Bu Guru besok kita kesini lagi ya ulasnya setelah diajakin menyanyi bersama Pak Farid, Pustakawan  DPK. Begitu juga Valen, kelas B "enak belajar di Perpustakaan, mainan baru2nya banyak dan bukanya bagus2".

Selengkapnya: Perpustakaan DPK area belajar representatif Blora

KPAD BLORA OPTIMALKAN PELAYANAN KELILING

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Blora mengoptimalkan pelayanan keliling di tempat pendidikan dan pembinaan ke desa/kelurahan di wilayah kabupaten setempat.

Kepala KPAD Blora M. Sholeh, di Blora, Selasa (07/06/2016) mengemukakan untuk menggugah kesadaran gemar membaca upaya keliling dengan mobil unit khusus menjadi program rutin yang dilaksanakan di sekolahan.

Selengkapnya: KPAD BLORA OPTIMALKAN PELAYANAN KELILING

Pj Bupati Ihwan Sudrajat : “Kalau Mau Jadi Pemimpin Harus Rajin Membaca”

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD)  Kabupaten Blora bekerja sama dengan perusahaan penerbit buku dan pihak terkait lainnya mengadakan Pesta Buku 2015 disertai berbagai lomba dan acara pendukung. Pesta Buku yang berlangsung tanggal 29 September hingga 05 Oktober 2015  tersebut di buka oleh Penjabat (Pj) Bupati Blora Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, MM  di gedung Sasana Bhakti Blora, Selasa (29/09)

Selengkapnya: Pj Bupati Ihwan Sudrajat : “Kalau Mau Jadi Pemimpin Harus Rajin Membaca”

KPAD BLORA MELAKUKAN PEMBINAAN KEARSIPAN DI KECAMATAN DAN DESA

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPDA) Kabupaten Blora melakukan pembinaan arsip daerah dan administrasi ke tingkat kecamatan dan desa/kelurahan. Pembinaan tersebut dilakukan bertujuan agar penyelenggara pemerintahan tingkat kecamatan dan desa/kelurahan se Blora tertib administrasi dan kearsipan.

Selengkapnya: KPAD BLORA MELAKUKAN PEMBINAAN KEARSIPAN DI KECAMATAN DAN DESA

Layanan Kearsipan

Statistik 2

Pengunjung
2
Artikel
33
Jumlah Tampilan Artikel
12468
gercek turk sikisleri
izmit escort