24 Mei 2021   09:33 WIB

Lomba Bercerita Upaya Membangun Generasi Muda Gemar Membaca

Lomba Bercerita Upaya Membangun Generasi Muda Gemar Membaca

Lomba Bercerita Upaya Membangun Generasi Muda Gemar Membaca

Dalam laporanya Ketua Panitia Penyelenggara dalam Nugraheni Wahyu Utami S.P mengatakan, kegiatan lomba bercerita Lomba diikuti 12 peserta dari 16 Korwil Kecamatan se Kabupaten Blora dengan mengusung tema “Membangun Generasi Muda Indonesia Gemar Membaca serta Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kecintaan Terhadap Budaya Lokal” ungkap Nugraheni.

Nugraheni menambahkan, Lomba Berceita ini dikuti 12 peserta yang ikut lomba antara lain dari Korwil Kecamatan Randublatung, Todanan, Kedungtuban, Blora, Cepu, Jepon, Tunjungan, Japah, Bogorejo, Jiken, Ngawen dan Kradenan. Pada tahun ini 2021  para peserta menyerahkan video rekaman dengan durasi 15 menit kepada panitia, hal itu dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Rencana lomba bercerita tahun 2021 akan dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli namun dari Provinsi Jawa Tengah ternyata meminta agar segera dikirimkan peserta lomba bercerita yang akan mengikuti lomba dari Kabupaten Blora ke tingkat Provinsi pada tanggal 25 Mei 2021.  

“Selain itu juga supaya generasi kita lebih mengenal budaya dan kearifan lokal. Lomba bercerita sejatinya merupakan pendidikan karakter agar anak terinspirasi memiliki nilai sosial yang ditanamkan seperti keberanian serta setia kawan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris DPK Slamet Widodo,S.Sos, M.Si mewakili Kepala DPK Blora Aunur Rofiq, S.E, M.Si yang sekaligus membuka kegiatan Lomba Bercerita  menyampaikan bahwa perpustakaan tidak hanya identik dengan dengan buku melainkan juga beriringan dengan teknologi. Lomba yang diikuti dan digelar DPK Blora tidak hanya lomba bercerita saja, melainkan ada juga lomba perpustakaan desa

“Melalui forum ini, kami mohon diagendakan bagi siswa kelas I hingga kelas IV SD/MI bisa diajak bermain ke DPK Blora. Berkunjung ke Perpustakaan Blora. Fasilitas internet gratis bisa dimanfaatkan disini,” kata Widodo

Lomba Bercerita ini merupakan lomba berjenjang yang  menjadi agenda tahunan dari program Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pemenang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pemenang nanti akan diikutsertakan di tingkat provinsi melalui rekaman video.

“Bahkan Perpustakaan Lentera desa Balong Kecamatan Jepon yang meraih Juara I, kini masuk nominasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Mohon doanya semoga bisa menorehkan yang terbaik untuk kabupaten Blora,” jelasnya.
 

Dari hasil penilian tim juri, pemenang lomba bercerita 2021 yaitu, Juara I SDN 2 Ngawen Kecamatan Ngawen, judul cerita Asal Usul Kesenian Barongan Blora, dengan nilai 846.

Juara II SDN Kedungjenar Kecamatan Blora, judul cerita Legenda Eyang Jati Kusuma, dengan nilai 830. Juara III SDN Wukirsari Kecamatan Todanan, judul cerita Syekh Jati Kusuma dengan nilai 825.

Untuk Juara I, II dan III masing-masing mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Sekretaris DPK Slamet Widodo,S.Sos, M.Si, Kepala Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Nugraheni Wahyu Utami, S.P dan Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Arif Chusaini, S.E.

Sedangkan juara Harapan I SDN 3 Cepu, judul cerita Adipati Arya Penangsang Leledang. Juara Harapan II SDN 1 Jomblang Kecamatan Jepon, judul cerita Asal Usul Nama Desa Semampir dan Nyai Randha Kuning. Juara Harapan III SDN 2 Japah, judul cerita Legenda Maling Genthiri. Ketiga juara harapan mendapatkan piagam penghargaan.

 

 


Info